Jumat, 25 Februari 2011

Tesis M. Siddiq Nurzaman NPM. 2409109019 PASCASARJANA UNIVERSITAS GARUT TESIS, 2010

ABSTRAK
PENGARUH IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERKOTAAN (PNPM MP) DAN SIKAP WARGA MASYARAKAT TENTANG PNPM MP TERHADAP KINERJA PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN SARANA SOSIAL EKONOMI DAN PERILAKU EKONOMI KELOMPOK MASYARAKAT SASARAN PNPM MP DI KABUPATEN GARUT


M. Siddiq Nurzaman
NPM. 2409109019
PASCASARJANA UNIVERSITAS GARUT
TESIS, 2010, 5 BAB, 188 HALAMAN
Penelitian ini berlandaskan pada terdapatnya indikasi bahwa Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka realisasi pemerintah pada usaha-usaha pembangunan dan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat dewasa ini terutama mengenai kesejahteraan belum dapat memberikan hasil yang optimal, berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Implementasi PNPM MP dan Sikap Warga Masyarakat tentang PNPM MP Terhadap Kinerja Pendampingan dalam Pengembangan Sarana Sosial Ekonomi dan Perilaku Ekonomi Kelompok Masyarakat yang menjadi sasaran PNPM MP Di Kabupaten Garut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelompok masyarakat sasaran PNPM MP di Kabupaten Garut yang berjumlah 4840. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah 98 orang ketua kelompok masyarakat atau yang mewakili yang dipilih secara acak klaster, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan model analisis jalur .
Hasil pengujian Hipotesis menunjukan bahwa Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dan Sikap Warga Masyarakat tentang PNPM memberikan pengaruh nyata terhadap Kinerja Pendampingan, Pengembangan sarana Sosial Ekonomi dan Perilaku ekonomi kelompok masyarakat sasaran PNPM.
Beberapa permasalahan yang dianggap penting yang di temukan pada penelitian ini yaitu: 1) Petugas yang berwenang secara khusus untuk mensosialisaikan PNPM dari segi kualifikasi belum menunjukan performa maksimal, 2)unsur-unsur masyarakat sasaran PNPM masih belum dilibatkan secara maksimal dalam kegiatan perencanaan pelaksanaan PNPM, 3) standar pengawasan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah terhadap pelaksanaan PNPM belum sepenuhnya maksimal. 4) masyarakat belum merasakan bahwa PNPM memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kegiatan usaha yang dilakukan masyarakat. 5) persoalan yang harus di atasi dengan bantuan fasilitator masih dapat di tingkatkan, 6) pendamping masih belum akomodatif dalam menampung aspirasi individu. 7) Sarana yang dibangun atas prakarsa PNPM untuk kepentingan masyarakat masih di nilai belum maksimal apabila di lihat dari standar. 8) ekspektasi kelompok masyarakat mengenai bantuan dana belum terpenuhi, 9) kelompok masyarakat sasaran PNPM masih memerlukan bantuan yang memadai dalam kegiatan usaha yang mereka lakukan.
Berdasarkan temuan tersebut beberapa hal yang dapat di sarankan di antaranya: 1) secara terus menerus meningkatkan kualitas dari proses sosialisasi 2) Meningkatkan fungsi kelurahan dan desa secara maksimal dalam pelaksanan Sosialisai PNPM 3) Meningkatkan dan menjaga kompetensi pendamping melaui berbagai cara 4) Mengoptimalkan sistem evaluasi pelaksanaan PNPM sehingga kekurangan atau kesalahan dari Implementasi dapat segera di ketahui dan di perbaiki. 6) Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam melakukan pengawasan secara bersama-sama terhadap kegiatan PNPM, dengan berbagai cara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar